Cara Mengatasi Laptop Yang Lemot

Tips & Cara Mengatasi Laptop Yang Lemot, Dijamin Auto Ngebut!

Cara mengatasi laptop lemot dapat kamu Kerjakan secara gampang asal kamu ketahui pemicu khusus yang membuat performa Komputer dan laptopmu turun.

Baca Juga : Install Internet Download Manager Dengan Versi Terbaru

Tidak hanya PC, Komputer dan laptop juga tidak terlepas dari beragam persoalan. Satu diantaranya ialah komputer lemot sesudah demikian lama dipakai.

Bahkan juga beberapa dari kamu kemungkinan sempat juga alami laptop baru lemot walau sebenarnya kamu baru membeli beberapa lalu, geng.

Nach, ini kali Mimin akan membahas penyebab laptop lemot dan cara mengatasi komputer lemot yang dapat kamu Kerjakan secara mudah. Baca, yok!

Penyebab Laptop Lemot dan Cara Mengatasinya

Penyebab Laptop Lemot dan Cara Mengatasinya

Sesaat akan mengatasi laptop yang lemot, sebaiknya kamu kenali lebih dulu apa akar persoalan yang membuat laptop lemot.

Ada faktor-faktor pemicu laptop lemot saat internetan atau bahkan juga saat tidak beraktivitas sekalinya.

    • Terlalu banyak startup programs alias software yang berjalan di background secara otomatis saat kamu menyalakan laptop. Semakin banyak software, maka makin lambat laptop saat booting.
    • Usia harddisk sudah terlalu tua. Semakin tua tipe HDD tentu juga akan memengaruhi performa laptop secara keseluruhan.
    • Harddisk penuh oleh data pengguna. Bahkan seorang pakar mengatakan harddisk yang penuh hingga 95% akan memperlambat laptop hingga 50%.
    • Kapasitas RAM yang terlalu kecil, dikarenakan pada laptop-laptop dengan harga terjangkau paling besar RAM yang digunakan berkisar antara 2-4GB saja.
    • Menjalankan terlalu banyak software dalam satu waktu yang membebani kinerja RAM. Apalagi kalau multitasking software berat seperti Photoshop dan Premiere misalnya pada RAM 4GB.
    • Terlalu banyak add-ons pada browser, misal Internet Download Manager, AdBlocker, dan lainnya. Secara nggak sadar, browser menjadi terbebani dan memperlambat laptop saat internetan.
    • Terlalu banyak tab yang dibuka pada browser. Karena hal ini ternyata juga cukup menguras RAM laptop, apalagi jika situs yang dibuka memiliki fitur auto-refresh.
    • Laptop diserang virus yang bisa saja memperlambat bahkan merusak laptop. Makanya kamu harus waspada terhadap berbagai file mencurigakan, baik online maupun offline.
    • Antivirus terlalu aktif. Walau software ini ampuh menghilangkan virus, namun aplikasi antivirus yang berjalan di background tentu akan memperlambat kinerja harddisk sekaligus laptop.
    • Jarang melakukan update sistem operasi, baik pengguna Windows maupun MacOS. Karena tidak jarang update OS akan memperbaiki kekurangan yang menyebabkan laptop menjadi lemot.

Cara Mengatasi Laptop Lemot untuk Windows 7, 8, 10

Sudah mengetahui kurang lebih mengapa laptop lemot? Jika demikian, kamu mulai bisa menanganinya secara paling sesuai pemicu intinya.

Cara mengatasi laptop yang lemot berikut ini biasanya akan bermanfaat untuk beberapa pemakai OS Windows, seperti Windows 7, Windows 8, dan Windows 10.

Baca Juga :  Cara Aktivasi Ms.Office 2016, 2013, 2016, 2019, 365 Secara Mudah & Permanen!

Bahkan bisa saja tanpa program atau install ulangi sekalinya, kamu tinggal turuti beberapa cara agar laptop tidak lemot yang akan Mimin bahas secara lengkap berikut ini!

Mengganti Harddisk (HDD) dengan SSD

Mengganti Harddisk (HDD) dengan SSD

Bila rupanya persoalan tiba dari harddisk (HDD), cara awalan yang dapat kamu Kerjakan ialah lakukan proses defrag untuk beri kesegaran kembali performnya.

Jika cara mengatasi laptop lemot Windows 10 dan yang lain ini rupanya masihlah kurang baik, kamu dapat menukar ke HDD terkini atau memakai Kompak State Drive (SSD).

Ketidaksamaan HDD dan SSD selainnya pada performnya, pasti membuat proses booting jadi lebih cepat dan responsive.

Benar-benar dianjurkan untuk memakai SSD cuman untuk berisi mekanisme operasi saja, karena ukuran yang sekarang ini termasuk kecil dan harga yang lumayan mahal dibandingkan HDD.

Melakukan Upgrade Kapasitas RAM

Melakukan Upgrade Kapasitas RAM

Selainnya lakukan upgrade pada HDD, kamu bisa juga coba cara mengatasi laptop lemot pada Windows 10 dan yang lain dengan lakukan tambahan kemampuan RAM pada Komputer dan laptop yang kamu punyai.

Biasanya, pabrikasi Komputer dan laptop akan memperlengkapi Komputer dan laptop kamu dengan kemampuan RAM sekitar di antara 2-4GB. Walau sebenarnya untuk jalankan software sekarang ini memerlukan Komputer dan laptop RAM 8GB, geng.

Karena itu, kamu dapat menambah RAM pada slots yang ada. Tetapi awalnya, yakinkan dulu type RAM (DIMM atau SODIMM), kemampuan, dan kecepatannnya, ya!

Melakukan Perawatan Hardware Secara Rutin

Melakukan Perawatan Hardware Secara Rutin

Banyak orang yang kadang lupakan poin utama yang ini. Rupanya supaya perform Komputer dan laptop dapat terus mekebut, kamu perlu kadang-kadang lakukan perawatan hardware.

Selainnya bersihkan sampah Komputer dan laptop, minimal kamu wajib melakukan cara mengatasi laptop lemot Windows 8 dan yang lain ini minimum satu tahun sekali, loh.

Cara membersihkan laptop agar tidak lemot dapat diawali dari kipas, motherboard, sampai pergantian thermal paste di bagian processor Komputer dan laptop, geng.

Cara Mengatasi Laptop Lemot Lainnya…

Pakai Aksesori Pendukung Laptop

Pakai Aksesori Pendukung Laptop

Salah satunya pemicu PC lemot ialah overheat yang memengaruhi performa dan perform. Kamu dapat menambah aksesories misalkan cooling pad atau kipas tambahan supaya temperatur Komputer dan laptop selalu terlindungi.

Disamping itu kamu bisa juga memakai vacuum cooler yang bisa juga mengisap udara panas keluar yang perannya sama untuk jaga temperatur Komputer dan laptop supaya masih tetap dingin.

Cara membuat laptop tidak lemot saat internetan dan beraktivitas yang lain ini terlihat sepele, tetapi efeknya cukup berasa, lho!

Melakukan Full Scan dengan Software Antivirus

Melakukan Full Scan dengan Software Antivirus

Virus umumnya akan membuat performa Komputer dan laptop jadi lebih extra hingga bisa berasa lelet saat kamu pakai. Salah satunya jalan keluar persoalan ini pasti dengan software antivirus terbaik.

Banyak referensi software antivirus Komputer dan laptop yang dapat dipakai. Nach, Mimin anjurkan untuk lakukan full scan dengan teratur minimum satu minggu sekali.

Baca Juga :  Download Template PPT Keren, Gratis Dan Versi Terbaru!

Disamping itu, janganlah lupa untuk mematikan feature automatic scan supaya antivirus tidak berjalan pada latar belakang kamu dan membuat Komputer dan laptop kamu justru lebih lelet!

Uninstall Software yang Tidak Diperlukan

Uninstall Software yang Tidak Diperlukan

Pernah rasakan Komputer dan laptop baru telah lelet walau sebenarnya baru kamu membeli? Saat memakai Komputer dan laptop, Mimin percaya tentu kamu telah install banyak software sampai tidak terhitung banyaknya, kan?

Realitanya, beberapa dari software itu yang jarang-jarang kamu gunakan. Nach, untuk cara mengatasi laptop hang dan lelet, Kerjakan uninstall software yang tidak dibutuhkan itu, geng.

Cara mengatasi laptop lemot pada Windows 10 ini dapat lewat menu bawaan yang ada pada Settings atau memakai software uninstaller, seperti CCleaner dan yang lain.

Pakai Software Versi Lama

Pakai Software Versi Lama

Eit, jangan sampai gengsi buat gunakan software lama! Masalahnya up-date software terkini walaupun memberinya banyak feature, tetapi bisa jadi memberatkan pirantimu.

Sebagai jalan keluarnya, kamu dapat lakukan langkah membenahi laptop lemot dengan meng-install software versi lama yang biasanya punyai feature fundamental yang tidak berbeda jauh dibandingkan versus up-date-nya.

Misalkan saja kamu dapat memperoleh Adobe Photoshop CS2, Microsoft Office 2013, dan yang lain, geng. Di mana beberapa software itu pasti lebih enteng serta dapat kamu peroleh gratis, lho!

Gunakan Software Booster

Gunakan Software Booster

Pemakaian yang kurang maksimal dapat membuat performa laptop lambat dan terusik. Karena itu untuk memudahkan, kamu dapat meng-install software-software simpatisan performa seperti program booster.

Banyak kok software yang dapat kamu coba, seperti CCleaner dann Advance Sistem Care, dan yang lain. Cara mengatasi laptop lemot tanpa install ulangi ini harus sekali kamu coba.

Software booster akan lakukan optimasi, contoh hapus history browser, hapus cookies dan cache, hapus recycle bin, dan yang lain yang mempengaruhi performa Komputer dan laptop.

Membersihkan Sampah Laptop

Disamping itu, ada pula cara mengatasi laptop lemot dengan Temp, yaitu bersihkan Temporary Files yang tertimbun di Komputer dan laptopmu, geng.

Berikut cara yang dapat kamu Kerjakan untuk bersihkan sampah di Komputer dan laptop dengan perintah pada Run supaya Komputer dan laptop kembali mekebut.

  1. Cara 1 –  Bukalah program run dengan mengklik tombol start dan ketikkan run di kolom pencarian laptop.
    icon start and run
  2. Cara 2 – Sesudah proses penelusuran memperlihatkan program yang sama sesuai, click program itu untuk buka jendela perintah pada program Run.
  3. Cara 3 – Tuliskan perintah %temp% pada program ini lalu pencet enter.
    %temp%
  4. Cara 4 – Perintah ini akan memberikan temporary files yang tersimpan di laptop atau komputer yang kamu gunakan.
    temporary files

Sama seperti yang kamu saksikan pada gambar contoh yang Mimin masukkan, perintah ini akan memperlihatkan beberapa puluh sampai beberapa ratus temporary file yang ada dalam Komputer dan laptop kamu.

Kamu dapat hapus semua file ini, atau jika ada program tertentu yang ingin kamu jaga temporary file-nya kamu dapat menelusurinya lebih dulu dan tidak mengikutkannya di proses penghilangan.

Baca Juga :  Cara Download & Install GOM Player Terbaru Dengan Mudah

Langkah ke-2 ini Mimin referensikan bila kamu betul-betul ingin menjaga temporary file pada program tertentu.

Bila tidak, lebih bagus memakai langkah bersihkan sampah di Komputer dan laptop yang pertama karena lebih ringkas dalam tingkatkan perform Komputer dan laptop.

Menghilangkan Virus di Laptop dengan CMD

Selainnya memakai software antivirus, kamu bisa juga memakai Command Prompt alias CMD untuk hilangkan virus yang mengakibatkan laptop lemot.

Cara mengatasi laptop lemot dengan CMD ini dapat diterapkan pada Komputer dan laptop atau PC atau computer dengan mekanisme operasi Windows semua versus. Baca baik, ya!

  1. Cara 1: Pertama, klik Start, dan ketik cmd. Jika ketemu, jangan main klik aja. Kamu harus klik kanan untuk menjalankan sebagai administrator. Jadi, Run as administrator.
  2. Cara 2: Misalkan, yang mau kamu tuju adalah drive D, maka ketik dir D: attrib -s -h /s /d . dan tekan enter. Jika kamu ingin memeriksa drive selain D, maka kamu tinggal ganti saja ya huruf D dengan lokasi drive yang kamu punya.
  3. Cara 3: Setelah kamu melakukan itu, maka command prompt akan mengeksplorasi drive yang dipilih dan memuat semua file pada drive tersebut.
  4. Cara 4: Kemudian, cari file yang tidak biasa dengan format .EXE, yang sekiranya kamu nggak pernah install sebelumnya, hapus melalui command prompt ini.
  5. Cara 5: Jika tidak bisa dihapus, kamu bisa search sendiri di Run, dan hapus file tersebut. Kamu juga bisa menggunakan REGEDIT yaitu dengan cara Start > Run > Regedit > Edit > Find > masukkan nama file virus yang kamu temukan di command prompt, dan hapus semua registry yang ada termasuk foldernya sekalipun.

Gunakan Sistem Operasi Desktop Ringan

Gunakan Sistem Operasi Desktop Ringan

Telah jatuh hati sekali dalam menggunakan mekanisme operasi desktop yang ini? Walau sebenarnya walau termasuk sangatlah produktif, tetapi Windows termasuk lumayan berat, loh.

Nach, bila kamu memakai Komputer dan laptop dengan detail ngepas sebaiknya kamu berpindah mekanisme operasi selainnya Windows seperti Linux OS agar laptop tidak lemot.

Satu diantaranya ialah Endless OS yang dapat kamu gunakan dengan gratis! Tentu saja, langkah ini juga bisa kamu Kerjakan sebagai langkah menangani laptop lambat saat dihidupkan.

Install Ulang OS Windows

Install Ulang OS Windows

Jalan keluar paling akhir untuk cara mengatasi laptop ngelag, lelet, atau hang dengan lakukan install ulangi Windows, geng.

Di sini kamu dapat ketahui mengapa laptop lemot. Apa error dikarenakan oleh software atau hardware. Misalkan saja laptop lemot sesudah up-date Windows, geng.

Untuk lakukan install ulangi OS Windows, Mimin pernah bahas pada artikel awalnya. Triknya mudah dan kamu cukup hanya memakai flashdisk, loh!

Nach, itu ia pemicu sekalian cara mengatasi laptop lemot yang gampang dan mudah buat kamu melakukannya sendiri.

Mimin percaya kamu dapat melakukan sendiri kok, geng. Bagaimana opini kamu mengenai pemicu laptop lemot dan langkah menanganinya barusan geng.

Check Also

Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel

Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Sudah Rusak atau Mati

Setiap jenis kartu layanan mobile memiliki periode tenggang nomor yang harus dipahami oleh pemiliknya, terhitung …