Cara Daftar Bantuan Sosial Tunai Online

Dapatkan Cara Daftar Bansos Tunai Online Dari Kemenparekraf Dengan Mudah

Beragam usaha sudah dilaksanakan pemerintahan untuk menolong warga yang terimbas pandemi Covid-19. Satu diantaranya ialah Program Bantuan Insentif Pemerintahan (BIP).

Langkah Cara Mendapatkan Bantuan Untuk Pedagang Kecil

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Inovatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memberikan laporan jika bantuan insentif pemerintahan (BIP) sejumlah Rp 60 miliar akan diawali pada 4 Juni 2021.

Saat itu, pemain di bidang pariwisata dan ekonomi inovatif (parekraf) diharap mendaftarkan mulai 4 Juni sampai 4 Juli 2021. Sandiaga memperjelas tidak ada tujuan rekreasi yang mengutamakan yang menerima bantuan ini.

“Tidak ada sasaran fokus untuk BIP, itu akan terbuka untuk semua Indonesia . Maka silahkan,” kata Sandiaga saat pembimbingan mingguan, Senin (24/5/2021) di Gedung Sapta Daya tarik, Jakarta Pusat. Selanjutnya dia menerangkan, BIP sebagai peraturan yang adil untuk beberapa aktor di bidang pariwisata, UMKM, usaha kecil dan pebisnis baru yang bertahan di dalam tengah wabah Covid-19.

“Yang bakal kita ulas dalam program BIP ialah berbentuk usaha yang berpengaruh berarti pada kekuatan kita untuk tetap bertahan,” lanjut Sandiaga.

BIP akan dialokasikan ke pebisnis di sejumlah sub-sektor terhitung homestay, operator tour, pengembang program dan games, kulineran, mode dan kerajinan, dan film, animasi dan video. Dia meneruskan, beberapa komponen seperti wiraswastawan sosial yang mempunyai imbas sosial dan lingkungan bisa memberinya nilai lebih. Disamping itu, tidak ada paket dan batas.

Dikutip dari Kompas.com, ada dua tipe BIP dalam program ini, yakni BIP Reguler dan JPU (Jaring Pengaman Usaha).

Dengan merujuk pada pengertian dalam Panduan Tehnis BIP ke Kejaksaan Agung, kontribusi ini sebagai tunjangan pemerintah yang diputuskan oleh PA (pemakai bujet) berbentuk uang kontan untuk modal tambahan kerja dan/atau investasi asset masih tetap untuk menolong kelangsungan pariwisata dan usaha inovatif beberapa aktor komersil, khususnya untuk selalu bertahan. Menanggapi imbas dari pandemi Covid-19.

Walau BIP reguler ialah tipe kontribusi yang serupa yang dikasih ke pariwisata dan pebisnis inovatif untuk tingkatkan kemampuan usaha/produksi pariwisata dan aktor usaha ekonomi inovatif, tetapi tidak berkaitan dengan periode wabah.

Berikut syarat untuk tiap program:

BIP Reguler

  • Badan usaha yang bergerak dalam enam subsektor ekonomi inovatif: program, pengembang games, kerajinan, mode, kulineran, film, dan pariwisata;
  • Pemohon atau faksi yang tercatat ialah penanggung jawab tubuh usaha sesuai hukum/wewenang perusahaan;
  • Ditujukan untuk tubuh usaha yang memiliki badan hukum dan tubuh usaha yang bukan tubuh hukum berbentuk resume;
  • Mempunyai NIB (Nomor Analisis Usaha) yang tercatat di mekanisme OSS;
  • Mempunyai NPWP (Nomor Dasar Harus Pajak) atas nama tubuh usaha; Usaha ini sudah dibikin minimal sepanjang satu tahun;
  • Menyertakan SPT tahun terakhir;
  • Tidak mendaftarkan atau ajukan program tunjangan pemerintah sama di Kemenparekraf/Baparekraf di tahun jalan.

BIP JPU

  • Badan usaha yang bergerak dalam tiga subsektor ekonomi inovatif: kulineran, kriya atau fesyen;
  • Pemberi kerja/penanggung jawab masyarakat negara Indonesia yang mempunyai KTP;
  • Untuk semuanya tipe tubuh usaha dan perusahaan kecil dan menengah yang mempunyai NIB;
  • NIB tercatat di mekanisme OSS;
  • Mempunyai nomor dasar harus pajak (NPWP) atas nama tubuh usaha atau per-orangan;
  • Minimal usaha sudah berdiri sepanjang satu tahun;
  • Belum mendaftarkan atau melamar program tunjangan pemerintah sama di Kemenparekraf/Baparekraf di tahun jalan.

Pengajuan proposal

Pengajuan proposal untuk registrasi

  1. Proposal disodorkan secara electronic dengan mencari web https://www.kemenparekraf.go.id/ atau https://bip.kemenparekraf.go.id/ dengan cara klik DISINI
  2. Selanjutnya, daftar dan upload proposal dengan document tersemat lewat cara online di https://bip.kemenparekraf.go.id/ dengan cara klik DISINI
  3. Untuk kurangi kasus ketidakberhasilan penguploadan proposal, benar-benar dianjurkan untuk akhiri penguploadan file satu minggu saat sebelum rekaman ditutup.

Pengecekan administrasi dan validasi formulir

Management diputuskan oleh team Administrasi Kontribusi Stimulan Pemerintahan dengan mengecek kecocokan arah program dan perlengkapan dan kesepakatan proposal.

Proses penyeleksian bahan

Tahapan penyeleksian ini dilaksanakan oleh team pelaksana. Team pengawas terima hasil penyeleksian administrasi yang disodorkan oleh team administrasi untuk tindak lanjuti dan lakukan penilaian tehnis pada penawaran yang disodorkan oleh pemohon.

Penilaian tehnis proposal mencakup penyeleksian pokok proposal, penyeleksian presentasi dan interviu fisik, klarifikasi lapangan, dan kesepakatan gagasan biaya anggaran (RAB).

Besaran kontribusi yang bakal diberi sama sesuai hasil peraturan optimal kelompok biasa Rp 200 juta per yang menerima. Sedang kelompok afirmatif optimal Rp 100 juta per yang menerima, yang bakal ditetapkan oleh pemakai bujet dengan memerhatikan referensi dari Koordinator.

Gunakan kesempatan kali ini untuk meningkatkan kreasi inovatif Anda di tengah-tengah wabah COVID-19.