Aplikasi Google Translate Offline

Cara Menggunakan Google Translate Versi Offline Tanpa Perlu Kuota

Dapat dikatakan bahwa Google Penerjemah atau Google Translate merupakan layanan terjemahan yang paling banyak digunakan. Selain menyediakan banyak bahasa dari seluruh dunia, update yang dilakukan selalu memberikan perbaikan dan pembaruan yang menarik.

Baca Juga : Cara Download Subtitle CC YouTube Termudah & Terlengkap!

Tidak hanya memberi layanan seperti google terjemahan inggris ke indonesia atau ke bahasa yang lain, Google Translate juga memiliki fasilitas untuk membaca ejaan dari suara. Jadi setiap kata atau kalimat yang kamu ucapkan, bisa dibaca dan diterjemahkan dengan sangat baik.

Mengapa Harus Menggunakan Google Terjemahan versi Offline?

Cara Menggunakan Google Translate Secara Offline

Layanan terjemahan sendiri saat ini sangat dibutuhkan, terutama bagi kamu yang sering berjalan-jalan ke luar negeri. Dengan layanan terjemahan seperti Google.terjemahan ini, kamu tetap bisa melakukan komunikasi dengan penduduk sekitar dengan baik, walaupun sebenarnya kamu tidak tahu bahasanya.

Contohnya saja ketika kamu pergi ke Jepang, maka bisa mencoba layanan Google translate indonesia jepang. Lalu ketika pergi ke Amerika Serikat atau Inggris, maka dapat menggunakan layanan Google terjemahan indonesia inggris, dan masih banyak lagi.

Akan tetapi, layanan goggle terjemahan ini hanya bisa digunakan dalam keadaan online melalui situs translate.google. Lalu bagaimana bila tempat yang sedang kamu kunjungi tidak ada koneksi internet? Tentu saja akan sulit untuk berkomunikasi dengan warga sekitar kan?

Nah, penggunaan geogle transalte yang hanya bisa digunakan secara online tersebut adalah dulu. Dan sekarang kamu bisa menggunakan layanan Google terjemahan indonesia ke bahasa lain dalam keadaan offline alias tanpa perlu jaringan internet.

Baca Juga :  Daftar Harga Hp Smartphone Gaming Terbaik Mulai 1 Jutaan

Bagaimana cara Menggunakan Layanan Translate Google Secara Offline?

Aplikasi Google Translate Offline

Jika pada mode online kamu akan menggunakan website translategoogle, maka berbeda dengan mode offline. Yang kamu butuhkan adalah Google Translate app dan mengunduh semua paket translate bahasa yang diperlukan. Langsung saja, berikut ini langkah-langkah yang perlu untuk kamu ikuti.

  1. Langkah pertama, silahkan download dan install aplikasi Google Translate dari Google Play Store di HP yang kamu gunakan.
  2. Jika aplikasi Google Translate sudah berhasil dipasang, langsung buka aplikasi tersebut.
  3. Nantinya akan muncul tampilan aplikasi Google Translate yang mirip atau hampir sama seperti di situs translate.googl.
  4. Kemudian tap pada tombol Selesai, maka translate Bahasa Indonesia juga akan didownload secara otomatis ke dalam aplikasi.
  5. Ketika terjemahan Bahasa Indonesia telah selesai didownload, maka kamu dapat mencoba untuk menggunakan layanan Google Translate english to indonesia dan sebaliknya secara offline tanpa bantuan koneksi internet.
  6. Nah, bila kamu memerlukan opsi bahasa lain yang dapat diterjemahkan secara offline, maka tap pada menu Options dengan logo tiga garis yang terletak di bagian kiri atas jendela aplikasi.
  7. Setelah itu, tekan menu Terjemahan Offline yang berada di urutan ke tiga dalam daftar.
  8. Jika menu tersebut sudah dipilih, kamu tinggal memilih bahasa lain yang ingin bisa diterjemahkan secara offline.
  9. Sekarang proses download paket terjemahan bahasa akan dimulai, dan tunggu saja hingga paket bahasa tersebut benar-benar selesai didownload.
  10. Apabila proses download paket terjemahan bahasa sudah selesai, maka sudah bisa menerjemahkan ke dalam bahasa yang sudah didownload secara offline.
  11. Jika kamu belum yakin dengan layanan Google Translate offline ini, maka kamu bisa mencoba untuk mematikan koneksi Wifi atau data seluler terlebih dahulu.
  12. Setelah koneksi data seluler atau Wifi sudah dimatikan, baru coba terjemahkan ke dalam bahasa yang baru didownload. Jika penerjemahan berhasil dilakukan, maka kamu bisa melakukannya kapan saja dan dimana saja tanpa perlu bantuan koneksi internet.
Baca Juga :  10+ Daftar Situs Download Film Resmi Terbaru & Terlengkap!

Tidak hanya paket terjemahan bahasa dalam bentuk teks saja, namun kamu juga bisa mendownload paket terjemahan dalam bentuk suara dengan menekan tombol speaker. Tentu saja ini akan membuatmu bisa mengucapkan setiap kata dan kalimat dalam bahasa lain dengan benar.

Paket suara tersebut juga bisa digunakan untuk lebih memastikan bahwa layanan translate Google indonesia inggris atau bahasa yang lain benar-benar bisa digunakan tanpa koneksi internet. Jadi jika suara bisa didengarkan ketika offline, maka paket bahasa tersebut sudah benar-benar didownload.

Fitur-fitur Aplikasi Google Translate

Fitur Aplikasi Google Translate

Selain mampu menerjemahkan bahasa secara offline, tentunya aplikasi Google Play Store di smartphone masih memiliki beberapa fitur menarik yang lain. Nah, berikut ini fitur-fitur menarik Google Play Store agar kamu bisa menggunakannya secara maksimal.

Menerjemahkan Dokumen

Apabila kamu mempunyai dokumen dalam bentuk Word yang berisikan bahasa asing, maka kamu bisa menerjemahkannya dengan menggunakan fitur Google Translator Toolkit. Akan tetapi, fitur yang satu ini hanya bisa menerjemahkan dokumen dalam bentuk file Word saja.

Menerjemahkan Suara

Menerjemahkan kalimat dengan menulisnya di Google Translate akan memakan waktu, terlebih lagi kalimat yang akan diterjemahkan cukup panjang. Tidak usah khawatir, kamu bisa menerjemahkan suara dengan menekan tombol mikrofon dan mengucapkan bahasa yang akan diterjemahkan saja.

Menerjemahkan Situs

Jika ada situs berisikan bahasa asing yang ingin kamu terjemahkan, maka cukup dengan mengetik alamat URL di dalam kotak terjemahan saja. Lalu pilih bahasa yang akan diterjemahkan, nantinya akan muncul browser internal dalam bahasa terjemahan yang bisa langsung kamu buka.

Baca Juga :  Cara Memilih Perusahaan Pengembangan Web?

Menerjemahkan Foto

Ketika kamu melihat tulisan yang menggunakan bahasa dan huruf asing, maka gunakan kamera HP untuk mengambil foto dari tulisan itu. Kemudian masukkan foto tersebut ke dalam Google Translate, nantinya aplikasi akan menerjemahkan kalimat yang ada di dalam foto.

Kecepatan Pengucapan Terjemahan

Setelah kamu menerjemahkan sebuah kata atau kalimat ke dalam bahasa asing, bisa menekan tombol speaker untuk mendengar dan mengetahui pengucapannya dengan benar. Jika pengucapan dari Google Translate terlalu cepat, kamu memiliki opsi untuk memperlambat pengucapan tersebut.

Pemeriksa Akurasi Bahasa

Dengan menggunakan sistem yang sangat canggih, Google Translate telah diklaim sebagai layanan penerjemah bahasa yang terbaik. Jadi kamu tidak perlu meragukan tingkat akurasi penerjemahan bahasa yang dilakukan oleh layanan Google Translate ini.

Mode Percakapan

Bisa dibilang jika fitur yang satu ini adalah fitur paling unik dan menarik. Jadi kamu bisa melakukan percakapan dengan orang asing, namun percakapan yang dilakukan sudah diterjemahkan oleh Google Translate secara otomatis.

Menerjemahkan Tulisan Hasil Input

Tidak hanya menerjemahkan bahasa dalam bentuk suara dan ketikkan, Google Translate menyediakan sebuah fitur untuk menerjemahkan tulisan yang diinput di layar HP. Hanya dengan menekan tombol pena, kemudian gerakan jari kamu untuk menulis kata, dan kata tersebut akan langsung diterjemahkan.

Membagikan Hasil Terjemahan

Setelah kamu selesai menerjemahkan bahasa, biasanya akan menyalinnya ke aplikasi lain seperti email atau media sosial. Nah, kamu tidak perlu copy paste secara manual, karena terdapat tombol untuk membagikan hasil terjemahan secara otomatis.

Manfaat dari Google Translate ini sangatlah penting. Kamu bisa menggunakan layanan Google Translate english indonesia dan bahasa lain di berbagai macam hal. Seperti ketika berkunjung ke negara lain, membuka website asing, dan masih banyak lagi.

Check Also

Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel

Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Sudah Rusak atau Mati

Setiap jenis kartu layanan mobile memiliki periode tenggang nomor yang harus dipahami oleh pemiliknya, terhitung …